Wednesday, November 14, 2012

Bahasa Inggris

Helllooow guys! How are you ? Comment allez-vous ? Apa kabar ?
Kalian tau gak? Gue yakin kalo lo semua tau betapa pentingnya kemampuan bahasa asing di zaman globalisasi sekarang ini, terutama bahasa inggis, ya kan ? Udah ngaku aja deh kalo lo sudah menyadari hal tersebut! Dan gak sedikit orang yang gagal dalam mencari pekerjaan hanya karena kendala bahasa. Ciyuusss deh gue, miapapuuun! Bahkan bahasa inggris seakan-akan sudah menjadi bahasa wajib yang harus kalian kuasai. Tapi karena gue keceh banget, dari SD belajar bahasa inggris, gue baru bisa ngerti bahasa inggris itu pas gue sudah duduk di bangku SMA *apa hubungannya sama kata-kata kalo gue keceh?*
Jadi sebelumnya gue sama sekali buta bahasa inggris, gue gak berminat belajar bahasa inggris, pas gue SMP, disuruh menerjemahkan sebuah teks tentang anak penguin aja gue gak mampu, guys! Waktu itu gue juga pernah disuruh menerjemahkan lagu More Than Words nya Westlife yang seperti ini liriknya :


Saying I love you 

Is not the words I want to hear from you 

It's not that I want you 

Not to say, but if you only knew 
How easy it would be to show me how you feel 
More than words is all you have to do to make it real 
Then you wouldn't have to say that you love me 
'Cause I'd already know 

What would you do if my heart was torn in two 
More than words to show you feel 
That your love for me is real 
What would you say if I took those words away 
Then you couldn't make things new 
Just by saying I love you 
More than words 

Now that I've tried to talk to you and make you understand 
All you have to do is close your eyes 
And just reach out your hands and touch me 
Hold me close don't ever let me go 
More than words is all I ever needed you to show 
Then you wouldn't have to say that you love me 
'Cause I'd already know 

What would you do if my heart was torn in two 
More than words to show you feel 
That your love for me is real 
What would you say if I took those words away 
Then you couldn't make things new 
Just by saying I love you


Dan lagi-lagi gue gak berdaya, gue gak mampu, guys! Padahal sih ya kalo diliat-liat itu lirik sama sekali gak ada susah-susahnya. Gue juga heran kenapa ketika itu gue gak bisa menerjemahkan nya, yang gue bisa terjemahkan itu cuma kata-kata Saying I love you, ya miris memang rasanya, tapi apa daya otak tak sampai. Gue pas masuk SMA, gue coba buat ikut les di salah satu institut ternama di Jakarta, nama institut itu sama kaya nama nyokap gue, jadi gue masuk sana aja. Tapi yang terjadi adalah gue malah jarang masuk karena gue gak berminat, bawaannya jenuh aja gitu kalo lagi ada di dalem kelas, jadi setelah satu term mengikuti kursus di LIA, gue memutuskan untuk berhenti.
"Terus Nai, gimana caranya lo bisa bahasa inggris sekarang?" 
Oh jawabannya mudah, gue gak perlu capek les dan merasa jenuh di dalam kelas. Gue cuma main game online internasional aja kok, guys :D #bangga
"Whoooot?! Game?? Mie apa loooo?? Ciyusss??"
Iyahhh guys, ciyussss, cumpahh, mie ayam deh! Gue cuma main game online, nama Wonderline Online
"Kok bisa sih,Nai?"
Yaiyalah bisa, nothing is impossible, kawan. Nah karena itu adalah game online internasional,  jadi para pemainnya kalo ngobrol, bertransaksi, jual-beli dan lain sebagainya itu pake bahasa inggris, jadi mau gak mau gue harus bisa bahasa inggris kalo karakter yang gue mainkan mau maju. Karena gue emang suka main games, jadi semangat lah gue belajar bahasa inggris sendiri, otodidak gitu, jadi setiap main WLO, pasti ada kamus di meja komputer gue, dan karena gue main itu game setiap hari, jadi secara sadar gak sadar, gue terbiasa berkomunikasi pake bahasa inggris. Terus ada lagi nih cari kedua, mau tau gak? Mau tau banget apa mau tau ajah? Atau mau mau ajah ? Atau mau tapi gak mau ? *ditoyor pembaca*
Jadi gini loh, guys, sekarang kan teknologi semakin canggih, lo bisa ngobrol berjam-jam sama makhluk di belahan bumi lain dengan mudah, ngobrol sama alien aja lo bisa kalo lo mau. Jadi lo manfaatkan lah kesempatan itu. Gue yakin lo juga gak gaptek-gaptek banget kan ya buat main  Facebook atau Twitter. Di sana kan tersedia banyak grup dengan tema "belajar bahasa inggris" atau bahasa apa kek gitu yang kalian mau pelajari, nah kalian gabung lah ke grup itu, terus cuap-cupa deh sama anggota lainnya, siapa tau aja ada satu bule keceh yang kecantol sama lo :D Kalo engga jadi anggota di Interpals juga bisa, FREE guys alias GRATIS ! Malahan itu adalah website yang dikhususkan untuk belajar bahasa dan budaya negara lain, dan lo bisa langsung belajar sama sang native speaker nya langsung, keceh banget gak tuh. Nanti kalo udah sering ngobrol sama para bule, lo minta aja MSN, YM, Skype, atau apalah, biar kalian bisa ngobrol langsung lewat voice call atau bahkan yang lebih oke lagi lewat video call. Jadi, jangan cari-cari alasan lagi buat gak bisa bahasa inggris, setidaknya bahasa inggris dasar buat ngegombal, kan kalo gombalin gebetan pake bahasa asing jadi keliatan makin berwibawa ;) Apalagi kalo yang suka jalan-jalan ke negeri orang, bahasa pemersatu nya itu ya cuma bahasa inggris atau bahasa monyet (body language), kan gak lucu aja kalo lo pake bahasa monyet terus, kalo tiba-tiba lo berubah wujud jadi monye gimana hayo ? Nanti gak keceh lagi deh lo.
Jadi SEMANGAT you guys. Jangan mau kalah sama anak SD yang bahasa inggris nya udah cas cis cus broottt brebet brebettt! 

GOODLUCK ! BON COURAGE!
ADIOS, AMIGOS! CIAO!

No comments:

Post a Comment